Pentingnya Pengalaman Di Dunia Kerja

Dunia kerja memang sangatlah keras. Untuk masuk ke dalamnya saja, ada banyak sekali persaingan di dalamnya. Jika ada lowongan kerja atau job fair seperti lowongan kerja Pekanbaru yang buka, sudah pasti akan langsung dipenuhi oleh banyak orang. Yang namanya persaingan, pasti ada yang sukses dan ada juga yang harus kalah. Ada beberapa hal yang mempengaruhi seseorang akan diterima kerja atau tidak. Salah satunya adalah pengalamannya. Pengalaman selalu menjadi aspek penting, bukan hanya saat melamar pekerjaan, namun juga dalam peningkatan karier seseorang. Tapi kira-kira, seberapa penting sebuah pengalaman dalam dunia kerja?

5 Alasan Penting Pengalaman untuk Kemajuan Karier

Ada beberapa alasan mengapa pengalaman kerja menjadi hal penting untuk kemajuan karier seseorang.

  1. Lebih paham segala hal tentang bidang yang ditekuni

Berbicara pengalaman pasti berkaitan dengan pemahaman seseorang terkait bidang yang ia tekuni. Semakin tinggi jam terbang seseorang dalam sebuah posisi akan membuat orang tersebut lebih mengerti seluk-beluknya. Orang yang berpengalaman akan lebih tahu beberapa hal dibanding lulusan baru seperti bagaimana alur kerjanya, apa yang harus dikerjakan dan tidak, sampai tips pada posisi tersebut.

  1. Lebih ahli dalam beberapa skill

Pengalaman juga menunjukkan bagaimana keahlian. Bagi orang yang baru terjun ke dalam suatu bidang, mungkin kemampuannya dalam melakukan tugasnya akan terbatas. Berbanding terbalik dengan orang yang sudah lama di suatu bidang. Keahliannya akan lebih baik karena sudah teruji dari pengalamannya.

  1. Soft skill juga semakin terlatih

Dengan melakoni pekerjaan lebih lama juga akan membuat seseorang belajar lebih banyak mengenai soft skill seperti skill negosiasi, presentasi, bekerja satu tim dan lain sebagainya.

  1. Semakin memperluas jaringan

Bagi orang yang sudah lama bekerja pada satu posisi, pasti sudah melalui banyak waktu serta bertemu dengan banyak orang. Dengan begitu, network yang Anda miliki akan semakin banyak sehingga saat menguntungkan bagi Anda jika suatu saat dibutuhkan.

  1. Menunjukkan komitmen dan kompetensi dalam suatu bidang

Dengan memiliki pengalaman kerja yang terhitung banyak dan juga lama, akan menunjukkan seberapa kompetennya Anda. Selain itu, pengalaman juga menunjukkan jika Anda adalah orang yang berkomitmen dalam menekuni suatu bidang.

Hal yang Perlu Dilakukan Saat Belum Memiliki Pengalaman

Bagi Anda lulusan baru yang tergiur melamar lowongan kerja Pekanbaru namun belum memiliki pengalaman kerja, jangan khawatir. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tetap mendapat kerja.

  1. Cari lowongan magang

Beberapa perusahaan biasanya membuka lowongan magang bagi para mahasiswa maupun lulusan baru. Tujuannya untuk mengenalkan dunia kerja kepada mereka. Anda bisa mencoba daftar magang karena pengalaman magang diperhitungkan saat melamar kerja.

 

  1. Jadi relawan kegiatan sosial atau acara besar lain

Bagi Anda yang sedang senggang, Anda bisa mulai mencari pendaftaran menjadi relawan, baik untuk kegiatan sosial maupun perhelatan acara besar seperti festival ataupun konferensi. Dengan ikut kegiatan semacam itu, pengalaman tersebut akan sangat berguna sekali.

  1. Ikut kelas skill

Meskipun pengalaman penting, namun keahlian tetap jadi pilihan. Jika Anda merasa skill Anda masih kurang, Anda bisa mulai belajar beberapa skill yang dibutuhkan. Anda bisa mulai mengikuti beberapa kelas skill, mulai dari yang offline maupun yang online. Beberapa kelas juga akan memberikan sertifikat yang jelas akan berguna jika Anda mendaftar kerja.

Meskipun pengalaman adalah sesuatu yang penting, namun bagi lulusan baru yang sedang mencari kerja tidak perlu khawatir ya. Beberapa lowongan kerja Pekanbaru juga tersedia untuk lulusan baru. Selamat mencoba!