Cara Mengatasi Video yang Error Saat Streaming

Kadang kita pasti kesal saat sedang asyik streaming video di Youtube ataupun platform lain tapi tiba-tiba videonya error dan tidak bisa diputar. Platform streaming video sendiri memang menjadi salah satu layanan yang paling sering dikunjungi pengguna internet, yang tentu sangat mungkin akan terjadi gangguan pada saat streaming video bokeh atau video dengan resolusi tinggi.

Masalah yang sering muncul pada saat kita streaming video adalah gangguan jaringan, buffering lama, atau tidak bisa menjalankan video dengan resolusi tinggi. Jika sudah begitu, tentu akan sangat menjengkelkan jika sedang asyik menonton dan tiba-tiba video error.

Penyebab Video Erro saat Streaming

Sebenarnya ada penyebab kenapa saat kita streaming video, tiba-tiba error dan tidak bisa diputar kembali. Berikut adalah beberapa penyebab dari streaming video yang error :

  • Koneksi yang Lambat

Penyebab pertama kenapa saat kita streaming video terjadi error adalah karena koneksi internet kita yang lambat. Koneksi yang lambat tentu juga akan menghambat kelancaran saat melakukan streaming video, mulai dari buffering yang lama hingga video yang tidak bisa diputar.

  • Video yang Sedang di Edit atau di Hapus Pemilik

Masalah streaming video memang bisa terjadi karena masalah koneksi, tetapi bukan hanya itu penyebab utamanya. Apabila video yang sedang kita putar sedang diedit oleh pemiliknya, maka kita tidak akan bisa memutarnya. Apalagi jika video sedang dalam proses dihapus oleh pemilik, tentu video akan error jika kita memutarnya.

  • Masalah Internal Platformnya

Jika kamu sedang streaming video di Youtube dan error, bisa jadi karena memang ada masalah pada Youtubenya. Masalah ini bisa disebabkan karena adanya perbaikan, pengembangan, ataupun kerusakan sistem platformnya.

Cara agar Saat Streaming Video Tidak Error

Berikut ini admin akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengatasi video yang error pada saat streaming :

  • Matikan HP/PC/Laptop untuk Memulai Ulang Koneksi Internet

Cara pertama saat kamu mengalami masalah error video tidak bisa diputar pada saat streaming adalah dengan mematikan perangkat yang kamu gunakan seperti HP, PC atau laptop agar koneksi internet dimulai dari awal.

Cara ini efektif apabila masalahnya ada pada perangkat kamu yang tidak bisa menangkap jaringan dengan baik.

  • Update Aplikasi

Kadang kita sering menyepelekan update aplikasi yang ada pada HP, sehingga sering kali muncul masalah saat menggunakan aplikasinya. Saat sedang streaming video bokeh ataupun video beresolusi tinggi di Youtube misalnya, pastikan aplikasinya sudah update terbaru.

Karena dengan melakukan update aplikasi, tentu akan memperbaiki beberapa sistem yang error. Cara ini bisa dilakukan apabila kamu memang menggunakan aplikasi dengan versi yang lama dan belum di update.

  • Paksa Berhenti Aplikasi dan Hapus Data

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengatasi streaming video yang error adalah dengan hentikan paksa aplikasi, lalu hapus data. Dengan cara ini, kamu bisa menjalankan ulang aplikasi serta sekaligus menghapus cache yang ada pada aplikasi.

Langkah-langkahnya kamu bisa masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi > Youtube > Paksa Berhenti > Hapus Data. Setelah itu kamu akan mendownload data terbaru, dan coba mulai jalankan aplikasinya lagi.

  • Hindari Multi-Tasking

Buat kamu yang menggunakan HP dengan spesifikasi low-end, sebisa mungkin hindari penggunaan multi-tasking. Multi-tasking sendiri adalah menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Karena saat kamu multi-tasking, tentu kerja HP jadi lebih berat karena menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Coba keluar atau hentikan penggunaan aplikasi lain, dan fokus atau hanya gunakan aplikasi streaming video saja.

  • Gunakan Jaringan Internet Terbaik

Dan cara terakhir untuk mengatasi streaming video yang error adalah dengan menggunakan jaringan internet yang terbaik. Jaringan internet terbaik adalah jaringan dengan pancaran sinyal yang baik serta kecepatan internetnya yang stabil.

Kamu bisa coba menggunakan jaringan WIFI yang tentu jauh lebih baik dari pada jaringan dari sim card. Itulah tadi beberapa cara yang bisa admin ajarkan kepada kamu semua bagaimana mengatasi streaming video berat dengan resolusi tinggi seperti bokeh agar tidak error. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu kamu semua yang sedang bermasalah saat streaming video.