7 Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot

Laptop memang menjadi salah satu alat yang sering digunakan untuk bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan cepat dan mudah. Service laptop Bandung menjadi salah satu jasa yang harus dicari, karena kalau sampai terjadi kerusakan sudah pasti akan sangat repot. Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada laptop itu adalah performa yang menurun dan membuat prosesnya jadi lemot.

Proses laptop yang lemot tentu saja akan menghambat kinerja kita dan berakhir dengan menurunkan produktivitas kita. Jadi tentunya banyak orang yang berupaya untuk mencari jasa service tersebut untuk bisa menyelesaikan masalah laptop yang lemot tersebut. Berikut ini kami akan berikan 7 cara yang bisa kalian pakai untuk mengatasi laptop yang lemot dan membuat kita stres.

Menghapus File Yang Tidak Perlu

Cara pertama yang mungkin bisa segera kalian lakukan itu adalah dengan menghapus file yang mungkin tidak diperlukan. Salah satu penyebab kinerja laptop menurun dan menjadi lemot itu adalah karena hard disk atau kapasitas penyimpanan itu terlalu penuh. Hal ini membuat aplikasi berjalan dengan lambat, karena memang harus mencari tempat untuk bisa berjalan di laptop.

Jadi dengan membersihkan atau menghapus file yang tidak perlu, maka kapasitas penyimpanan sudah pasti akan lebih lega. Hal ini sudah pasti akan membuat kinerja laptop akan lebih membaik dan bisa dipergunakan seperti sedia kala.

Rutin Membersihkan Cache

Cara yang kedua yakni dengan secara rutin membersihkan cache, ini menjadi salah satu cara yang bisa kalian pakai dengan mudah. Setiap kali laptop bekerja dan juga menjalankan aplikasi, sudah pasti akan ada cache yang dihasilkan untuk mereka jejak aplikasi. Cache sendiri berfungsi untuk mempercepat proses pembukaan kembali aplikasi yang sudah pernah dijalankan di laptop.

Namun terkadang cache ini membuat kapasitas penyimpanan penuh dan akhirnya membuat kinerja laptop pun jadi berkurang secara drastis. Jadi sebisa mungkin kalian perlu untuk secara rutin membersihkan cache di laptop, maka akan bisa membuat kinerja laptop meningkat. Kalian bisa menggunakan beragam aplikasi pembersih cache laptop yang saat ini ada banyak sekali pilihannya.

Install Ulang Laptop

Cara yang ketiga yakni dengan install ulang OS dari laptop dalam hal ini adalah Windows yang ada pada laptop tersebut. Biasanya adanya file sistem yang korup atau rusak sering sekali membuat kinerja dari laptop pun menurun dengan sangat drastis. Jadi bila kalian install ulang Windows, maka sistem akan kembali seperti baru dan tentunya kinerja laptop akan kembali lagi.

Sebisa mungkin kalian mencari jasa service laptop Bandung apabila ingin install ulang laptop kalian dengan aman dan lancar. Kesalahan dalam langkah install ulang itu akan sangat mempengaruhi hasilnya dan mungkin kalau ada salah malah membuat eror juga.

Pakai Aplikasi Yang Sesuai Spesifikasi Laptop

Cara yang keempat yakni dengan mempergunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop, sehingga laptop tidak bekerja terlalu keras. Laptop yang bekerja terlalu keras itu sudah pasti akan sangat menguras kemampuan laptop dan pada akhirnya akan membuat performa mesin menurun. Terlebih lagi aplikasinya pun tidak akan berjalan dengan lancar dan sudah pasti tidak akan nyaman menggunakannya.

Jadi sebisa mungkin sebelum menggunakan aplikasi, pastikan aplikasinya itu sudah sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki laptop. Jadi kinerja laptop itu normal dan bisa lebih tahan lama dan tidak terkena penyakit lemot.

Tambah Kapasitas RAM

Cara yang kelima yang mungkin cukup efektif dan cepat yakni dengan menambah kapasitas RAM pada laptop yang memang bisa ditambahkan. Beberapa laptop menyediakan opsi untuk menambah kapasitas RAM, dan kalian bisa menyembuhkan lemot dengan cara itu. Biasanya memang kapasitas RAM yang terlalu kecil akan membuat laptop jadi lemot, jadi solusinya adalah menambah RAM.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu

Cara yang keenam yakni dengan mencoba uninstall aplikasi yang mungkin sudah tidak digunakan atau sudah tidak diperlukan. Terlalu banyak aplikasi akan membuat RAM terlalu penuh dan juga kapasitas penyimpanan pun juga akan terlalu penuh. Hal ini biasanya menjadi penyebab kinerja dari laptop itu akan menurun dan membuat laptop jadi lemot dan tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Kalian bisa menggunakan aplikasi juga yang bisa membantu kalian uninstall aplikasi dengan baik dan juga menyeluruh dari laptop.

Gunakan Antivirus

Cara yang terakhir yakni dengan menggunakan antivirus yang cukup kuat dan juga update secara berkala antivirus tersebut. Virus memang menjadi salah satu penyebab yang membuat laptop itu terhambat dalam bekerja dan membuat laptop pun jadi cukup lemot. Kalian memiliki cukup banyak pilihan antivirus, tapi kami sarankan pilih yang berbayar yang memiliki fitur yang cukup lengkap.

Kalian bisa meminta jasa service laptop Bandung untuk memilih antivirus terbaik.