Ketahui Jenis Profesi Untuk Menjadi Ekspatriat

Dengan adanya pencanangan Masyarakat Ekonomi ASEAN di tahun 2015 yang lalu, semakin meningkat jumlah permintaan ketersediaan tenaga kerja profesional Indonesia yang berada di kancah internasional. Alasannya adalah karena perusahaan multinasional yang berasal dari Indonesia mulai mengembangkan bisnisnya ke negara yang menjadi anggota ASEAN seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Jenis Profesi untuk Langkah Mudah Menjadi Ekspatriat di Luar Negeri

Namun sayang, meski jumlah kebutuhan tenaga profesional Indonesia di luar negeri meningkat, masih banyak SDM Indonesia yang belum melirik kesempatan untuk berprofesi di luar negeri. Padahal, untuk bisa bekerja di luar negeri syaratnya cukup mudah. Dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik, mampu bekerja keras dan memiliki keahlian di bidang pekerjaan yang dipilih maka Anda sudah siap untuk bekerja di luar negeri.

Di bawah ini adalah beberapa jenis profesi yang bisa menjadikan Anda Ekspatriat di luar negeri dirangkum dari westwork.id.

1. Guru

Peluang tenaga kerja menjadi seorang guru di luar negeri terbuka sangat lebar. Karena ada banyak sekolah di luar negeri yang membuka lowongan kerja guru yang berasal dari negara asing.

Apalagi jika Anda sudah memiliki lisensi khusus untuk profesi guru atau sudah memiliki gelar Pascasarjana sesuai jurusan kependidikan Anda.

 2. Bisnis internasional

Lingkup bisnis internasional memiliki cakupan bidang kerja yang luas, seperti misalnya bidang akuntansi, sales atau marketing dan finance. Jika Anda mengambil profesi ini maka Anda harus menguasai keahlian dasar dari pekerjaan yang diambil. Selain itu Anda juga harus bisa memiliki pola pikir yang terbuka sehingga bisa beradaptasi dengan baik pada lingkungan pekerjaan bisnis internasional yang selalu berubah-ubah.

Dan perlu diketahui bahwa tantangan paling besar untuk memiliki karier di luar negeri adalah adanya perbedaan cara kerja, budaya hingga aturan yang dimiliki oleh pemerintah.

3. Perawat

Jika Anda berminat untuk bekerja sebagai perawat di luar negeri maka bisa melamar kerja khususnya di negara maju contohnya Kanada, Eropa atau Amerika. Namun untuk menjadi seorang perawat di luar negeri, setidaknya Anda harus memiliki lisensi keperawatan yang dikeluarkan secara resmi dari institusi resmi untuk standarisasi kualitas.

Bagaimana Cara Menjadi Ekspatriat di Luar Negeri?

Setelah mengetahui beberapa jenis profesi yang bisa membuat Anda menjadi seorang Ekspatriat di luar negeri. Tentunya ikut menentukan langkah Anda untuk bisa berkarir di luar negeri. Anda juga harus tahu beberapa negara pilihan para Ekspatriat.

Ada beberapa negara pilihan yang bisa dijadikan negara tujuan Ekspatriat yang ingin berkarir cemerlang di luar negeri. Seperti negara Inggris, Jerman, Bahrain, Swedia dan Uni Emirat Arab.

  • Melamar di perusahaan Indonesia yang memiliki cabang di luar negeri
  • Bekerja di perusahaan multinasional
  • Harus bisa memiliki keahlian berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang baik
  • Jalin lingkungan pertemanan baru ataupun lama untuk meningkatkan wawasan
  • Upload CV Anda di semua portal bursa tenaga kerja
  • Manfaatkan sosial media dengan baik dan bijaksana
  • Jangan lupa untuk minta doa restu dari orang tua dan keluarga

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menjadi seorang Ekspatriat di luar negeri. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa Anda akan bekerja di luar negeri yang notabene lingkungan dan budaya baru yang pastinya akan memerlukan proses adaptasi yang panjang dan cukup sulit untuk dilakukan. Bukan hal yang mudah namun pastinya bisa Anda lalui dengan baik.