Inilah Keutamaan Orang yang Membersihkan Masjid

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Tempat ibadah tentu harus selalu bersih dan terawat. Banyak umat muslim yang memiliki kesadaran untuk membersihkan masjid terutama saat mendekati hari raya atau kegiatan seperti pengajian akbar.

Pembersihan masjid dapat meliputi mencuci karpet, menyapu dan mengepel. Jika karpet sudah rusak maka Anda dapat membeli karpet di tempat jual karpet masjid terdekat. Sehingga kegiatan bersih-bersih masjid ini jadi lebih maksimal jika mengganti barang yang rusak. Kegiatan membersihkan masjid bisa dikatakan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat sekitar.

Keutamaan Orang Yang Turut Serta Membersihkan Masjid

Masjid bukan hanya sekedar bangunan dengan atap, tiang dan juga kubah. Lebih dari itu arti masjid bagi umat muslim. Sebagai tempat bagi umat muslim berinteraksi dengan Allah SWT. Dalam hal ini adalah beribadah dengan menunaikan sholat, membaca Alquran dan lain sebagainya. Sehingga kebersihan dalam masjid sangat diperlukan karena berurusan langsung dengan Yang Maha Pencipta.

Membersihkan tempat ibadah memang tidak akan dibayar oleh manusia, namun siapa sangka ada suatu keutamaan bagi orang-orang yang ikut serta dalam membersihkan masjid. Selain keutamaan, tentunya orang yang ikut membersihkan masjid juga akan mendapatkan pahala yang sangat dahsyat.

Bagaimana tidak, bagi orang yang membersihkan masjid sama saja dengan membersihkan tempat ibadah dan rumah Allah. Sehingga akan diberikan ganjaran suatu pahala yang dahsyat. Kegiatan membersihkan masjid ini biasa dilakukan tak hanya di kota besar saja bahkan untuk di desa kegiatan membersihkan tempat ibadah ini lebih banyak diikuti oleh warga.

Ada 3 keutamaan bagi orang yang membersihkan masjid di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Diampuni dosanya

Dalam sebuah hadist dalam kitab Lubabul Hadist yang intinya bahwa barang siapa yang mengeluarkan kotoran dari dalam masjid bahkan sebiji sawi atau sangat kecil pun akan Allah juga akan mengeluarkan dosa-dosanya yang besar.

Inilah yang akan Anda dapatkan apabila membersihkan tempat ibadah yaitu diampuni dosanya. Siapa yang tidak mau dosanya diampuni oleh Allah SWT? Tentu semua umat muslim mau diampuni dosanya. Sehingga apabila ada gerakan membersihkan masjid Anda harus berlomba-lomba untuk turut serta.

  • Akan dibangunkan satu rumah serta tempat di surga

Keutamaan selanjutnya yang akan didapatkan apabila membersihkan masjid adalah akan dibangunkan satu rumah di dalam surga-Nya. Bahkan apabila hanya sekedar membantu membuang sampah juga Anda akan mendapatkan keutamaan ini. Perlu diketahui bahwa Anda harus melakukannya dengan ikhlas.

  • Kedudukan yang mulia di sisi Nabi Saw

Keutamaan yang akan didapatkan apabila membersihkan masjid adalah akan mendapatkan kedudukan yang mulia. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadist Bukhari dan Muslim yang intinya Rasulullah SAW. Mencari seorang perempuan yang dulunya membersihkan masjid lalu sahabat menjawab bahwa perempuan tersebut telah wafat kemudian nabi meminta sahabat untuk menunjukkan makamnya lalu menyalatinya.

Luar biasa bukan keutamaan yang akan didapatkan apabila membersihkan masjid. Kegiatan membersihkan masjid ini bisa seperti menyapu, mengepel lantai, membersihkan langit – langit, membersihkan karpet dan mengganti karpet yang rusak dengan yang baru dengan membelinya di tempat jual karpet masjid terdekat.

Masjid tidak hanya digunakan untuk menunaikan ibadah sholat saja. Masjid banyak diisi dengan kegiatan keagamaan seperti mengaji untuk anak-anak, pengajian untuk ibu-ibu, sholawatan, dan masih banyak kegiatan lainnya. Banyaknya kegiatan tersebut membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar, sehingga apabila melihat masjid yang sering digunakan kotor tentu saja umat muslim akan berbondong untuk membersihkan.

Ada yang dinamakan marbot masjid yaitu seseorang yang bertugas untuk membersihkan dan menjaga masjid, adzan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan masjid. Keberadaan marbot ini tentunya juga membuat masjid lebih terjaga dan bersih. Biasanya marbot masjid tinggal di area masjid.

Tradisi masyarakat Indonesia terutama umat muslim dalam membersihkan masjid ini diharapkan tidak akan pernah lekang oleh waktu. Perbuatan ini adalah perbuatan baik bukan suatu hal yang bisa dianggap memalukan. Bahkan seharusnya menjadi kebanggaan karena membersihkan rumah Allah SWT.

Keutamaan yang ada diharapkan menjadi penyemangat bagi umat muslim untuk tetap giat dalam menjaga kebersihan area masjid. Meskipun tidak sedang akan mengadakan suatu acara tak masalah apabila kita ingin menyapu atau mengepel masjid. Bahkan hal tersebut tidak harus dilakukan bersama-sama.

Hanya saja memang apabila dilakukan bersama akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Terutama masjid memiliki ukuran yang cukup besar dan luas sehingga apabila dibersihkan sendiri akan sangat memakan tenaga. Terlebih lagi untuk urusan karpet yang sudah usang harus didiskusikan apakah akan membeli di tempat jual karpet masjid atau cukup dibersihkan saja.

Terutama untuk membersihkan karpet masjid yang ukurannya besar membutuhkan banyak tenaga. Apabila karpet masjid sudah rusak maka sebaiknya dianggarkan untuk diganti dan membelinya ke tempat jual karpet masjid. Sehingga saat menjalankan ibadah akan lebih nyaman. Itulah beberapa keutamaan yang akan didapatkan dengan membersihkan masjid. Semoga tradisi ini tetap terjaga di masyarakat.