Cara Menukar Pulsa Jadi Uang

Apakah pulsa bisa dimanfaatkan untuk hal lain selain menelepon atau internet? Bisakah pulsa ditukar menjadi uang? Bagaimana cara convert pulsa menjadi uang digital? Berikut ini akan kita bahas pertanyaan – pertanyaan yang selama ini banyak ditanyakan.

Peranan Pulsa Untuk Ponsel

Keberadaan ponsel sebagai perangkat teknologi yang mendukung kegiatan sehari – hari sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Fungsi – fungsi ponsel saat ini semakin beragam yang juga semakin mendukung kegiatan atau mobilitas Anda. Sebuah ponsel memiliki fungsi utama yaitu sebagai alat komunikasi.

Untuk dapat melakukan fungsi utamanya sebagai alat komunikasi, sebuah ponsel membutuhkan nomor telepon dan pulsa sebagai alat pembayaran untuk tiap transaksi komunikasi. Keberagaman fitur dan fungsi ponsel saat ini membuat peranan pulsa sedikit bergeser.

Peranan pulsa yang awalnya menjadi sesuatu yang paling penting untuk mendukung fungsi ponsel sebagai alat komunikasi sudah tergeser oleh kecanggihan jaringan internet dan adanya aplikasi – aplikasi perpesanan yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi.

Dengan adanya jaringan internet dan aplikasi – aplikasi perpesanan, peran pulsa saat ini lebih sering digunakan untuk pembayaran transaksi paket internet karena agar dapat menikmati jaringan internet, Anda harus membeli paket internet yang disediakan oleh provider penyedia jaringan.

Namun saat ini, dengan adanya inovasi aplikasi – aplikasi dompet digital yang semakin banyak penggunanya, peran pulsa kembali menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Di dalam aplikasi – aplikasi dompet digital atau sejenisnya, agar bisa Anda fungsikan, Anda perlu mengisi jumlah saldo dalam dompet digital tersebut.

Menukar Pulsa Menjadi Uang

Adanya inovasi aplikasi dompet digital membantu Anda memberi kemudahan saat melakukan transaksi jual beli. Anda tidak perlu lagi membutuhkan berlembar – lembar uang kertas untuk melakukan pembayaran saat Anda berbelanja dan juga Anda tidak perlu pergi bolak – balik ke mesin ATM untuk mengambil uang cash atau mengirim uang. Semuanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan aplikasi dompet digital.

Tetapi, untuk dapat menggunakan aplikasi dompet digital tersebut, Anda harus mengisinya dengan saldo. Pengisian saldo untuk dompet digital Anda pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan convert pulsa atau menukarkan sejumlah pulsa Anda untuk dijadikan uang tunai atau jumlah saldo yang akan masuk ke dompet digital Anda.

Nah, bagaimana caranya agar pulsa Anda bisa ditukarkan dengan uang tunai atau saldo? Simak uraiannya berikut ini.

  1. Tukar pulsa menjadi saldo dompet digital

Cara mengisi saldo atau deposit ke dalam dompet digital Anda agar dapat digunakan untuk berbagai transaksi, bisa melalui berbagai cara. Salah satu caranya yaitu mengisi deposit atau saldo dengan nominal pulsa. Caranya pun sangat mudah.

  • Di dalam aplikasi dompet digital, masuk ke menu deposit untuk mulai mengisi saldo
  • Ubah metode deposit menjadi “transfer pulsa”
  • Isi form kartu provider yang Anda gunakan
  • Masukkan nomor pengirim. Nomor pengirim ini adalah nomor yang akan kamu gunakan pulsanya untuk ditukarkan menjadi saldo
  • Pada kolom kode konfirmasi, isi sesuai kode yang akan dikirim ke nomor yang Anda masukkan sebelumnya
  • Kemudian isi kolom jumlah deposit sesuai dengan yang ingin Anda kirim ke saldo Anda
  • Setelah semua kolom terisi, Anda akan menerima rincian yang berisi perkiraan jumlah pulsa yang harus Anda kirim sesuai jumlah deposit yang Anda masukkan dan nomor khusus yang harus Anda kirimkan pulsa sesuai dengan rincian.
  1. Tukar pulsa menjadi uang tunai

Selain menukarkan pulsa menjadi saldo ke dalam dompet digital, Anda juga dapat melakukan convert pulsa Anda menjadi uang tunai yang bisa langsung Anda gunakan untuk bertransaksi. Anda dapat menukarnya melalui minimarket dengan menghubungi kasir. Caranya, sebagai berikut:

  • Sebelum menemui kasir untuk menukarkan uang, Anda harus menukarkan pulsa Anda terlebih dahulu menjadi saldo di dalam dompet digital.
  • Setelah itu, masuk ke aplikasi dompet digital, pilih pilihan menu “cashout” atau “withdraw”
  • Kemudian pilih nama minimarket
  • Lalu pilih show token dan masukkan nomor PIN
  • Setelah itu transaksi Anda akan diproses oleh kasir dan Anda akan menerima sejumlah uang cash sesuai dengan jumlah yang Anda tukarkan yang sudah dipotong biaya untuk pencairan tersebut.
  1. Membeli dengan pulsa

Peran pulsa saat ini juga sudah banyak digunakan untuk membeli token tertentu, misalnya token game, membeli voucher belanja dan membeli voucher game tertentu.

Pembelian tersebut bisa dengan mudah Anda lakukan dengan memanfaatkan jasa convert pulsa yang disediakan sebuah website atau agen tertentu. Dengan membuka website tersebut, Anda tinggal memilih transaksi yang Anda inginkan, dan sisanya akan diproses oleh website. Tunggu beberapa saat, dan Anda akan mendapat pemberitahuan jika transaksi Anda berhasil.