Cara Aman Dalam Berbelanja Online

Dunia digital semakin berkembang, membuat banyak aktivitas beralih menjadi online salah satunya berbelanja. Kalian sudah bisa belanja online melalui e-commerce dalam negeri maupun luar negeri, untuk pembayaran dipermudah menggunakan layanan jasa bayar.

Walaupun mudah, berbelanja online terkadang juga riskan terhadap penipuan terutama untuk kalian yang memang belum terbiasa. Maka dari itu tidak mengherankan jika beberapa dari kalian mendapatkan pengalaman buruk saat bertransaksi online.

Tips Aman Berbelanja Online

Tentunya saat melakukan pembelian secara online baik dalam negeri maupun luar negeri menginginkan cara yang aman dan tentunya cepat. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan pada saat akan berbelanja secara online.

  • Pakai Situs Belanja Online Terpercaya

Sering banyaknya peminta belanja online maka situs belanja online tadi banyak bermunculan dan tentunya bisa diakses secara mudah. Ada baiknya sebelum melakukan transaksi pastikan jika situs tersebut aman dan situs yang terpercaya akan memberikan banyak kemudahan untuk pelanggannya.

  • Pilih Penjual Terpercaya

Pilih penjual ataupun seller yang memiliki reputasi baik, hal ini perlu diperhatikan dengan seksama karena masih banyak penjual tidak bertanggung jawab. Sebelum membeli pastikan melihat reviewnya, di sana kalian bisa menyimpulkan apakah penjual tadi bisa dipercaya atau tidak.

Hal ini berlaku juga ketika kalian belanja di e-commerce luar negeri dan menggunakan jasa bayar. Pilih jasa yang benar-benar transparan dan terpercaya sehingga kalian bisa terhindar dari penipuan.

  • Riset Serta Bandingkan Harga

Pastikan untuk melihat harganya terlebih dahulu dan lakukan perbandingan antara satu penjual dan penjual lainnya. Kemudahan berbelanja di marketplace kalian bisa melakukan perbandingan harga dengan mudah, kalian juga patut merasa curiga apabila ada penjual yang menawarkan produk dengan harga di bawah pasaran.

  • Baca Deskripsi Produk

Melihat deskripsi produk berguna untuk memastikan fungsi dari produk tersebut dengan jelas. Informasi yang tersedia dalam deskripsi produk biasanya spesifikasi, warna, bahan, keunggulan, serta informasi detail lainnya.

  • Pilih Jasa Pengiriman

Masing-masing jasa pengiriman mempunyai ketentuan mengenai harga yang berbeda. Pilih jasa dengan biaya yang rendah supaya menekan biaya pengiriman. Hal ini juga berlaku saat kalian memilih jasa bayar untuk berbelanja produk dari luar negeri.

Saat berbelanja barang dari luar negeri tentu akan banyak biaya yang kalian keluarkan. Jadi usahakan memilih jasa pembayaran dengan fee rendah serta transparan.

  • Garansi Produk

Garansi penting untuk diperhatikan terutama untuk berbagai barang elektronik yang harganya cukup tinggi. Bacalah informasi garansinya seperti klaim kerusakan, persyaratan, dan juga masa garansinya. Untuk lebih amannya pilih saja toko resmi yang mempunyai toko di marketplace.

  • Pilih Metode Pembayaran Sesuai Kebutuhan 

Metode pembayaran yang tersedia di sana sangatlah beragam seperti transfer bank, dompet digital, virtual account, dan masih banyak lainnya. Saat berbelanja online pastikan metode pembayaran yang dipilih tepat dan perhatikan perihal biaya adminnya.

Saat berbelanja di e-commerce setelah kalian selesai melakukan pembayaran maka bukti otomatis akan langsung diberitahukan ke pihak seller. Namun jika kalian berbelanja online melalui sosial media biasanya bukti pembayaran tadi kalian kirim, jadi usahakan supaya bukti pembayarannya tidak hilang.

Nah tentunya informasi di atas akan sangat berguna terutama bagi kalian yang baru pertama kali berbelanja secara online. Tentunya dengan mengikuti informasi di atas kalian bisa berbelanja dengan aman dan nyaman.

Belanja Dari Luar Negeri Dengan Jasa Pembayaran

Untuk kalian yang melakukan pembelian barang melalui e-commerce di luar negeri tentu saja tipsnya serupa dengan yang sudah disebutkan di atas. Namun untuk pembayaran kalian bisa menggunakan PayPal ataupun kartu kredit.

Namun metode pembayaran tersebut tidak semua orang memilikinya. Namun saat ini sudah tersedia jasa yang akan membayarkan pesanan kalian tentunya dengan fee yang harus dibayarkan. Keuntungannya kalian tidak perlu repot melakukan transfer, menghitung ongkos kirim, bahkan biaya bea cukai dan pajak impor.

Semua keperluan tadi oleh pihak jasa bayar akan diuruskan dan mudahnya kalian tinggal terima jadi saja. Saat ini jasa tersebut sudah banyak kalian temukan namun tentu layanan berkualitas yang harus dipilih. Lakukan perbandingan perihal jenis layanan dan fee-nya, pastikan semua transaksinya transparan sehingga kalian tidak merasa dirugikan.