6 Cara Aman Saat Menggunakan Earphone

Mendengarkan lagu bisa menghindari stres dan Anda bisa unduh lagu lebih banyak melalui Metrolagu dan jangan lupa menggunakan earphone supaya lebih seru. Banyak masyarakat yang menggunakan earphone untuk bertelepon hingga mendengarkan musik dari ponsel. Terlebih lagi ada berbagai macam dan model earphone yang tersedia saat ini.

Penggunaan earphone sembarangan bisa menyebabkan telinga sakit dan mengalami masalah kesehatan lainnya. Terlebih lagi bagi Anda yang sering menggunakan earphone dalam waktu yang cukup lama untuk mendengarkan musik atau bertelepon. Nah, di bawah ini ada cara supaya telinga tidak sakit dan aman selama menggunakan earphone.

Tips Menggunakan Earphone dengan Aman

Tips-tips atau cara agar telinga tidak sakit dan lebih aman selama menggunakan earphone adalah:

  • Hindari Mendengarkan dengan Volume Terlalu Keras

Cara menggunakan earphone dengan baik dan aman supaya tidak menyebabkan telinga sakit adalah hindari mendengarkan dengan volume terlalu keras. Mendengarkan lagu atau telepon menggunakan earphone terlalu keras akan membuat telinga Anda sakit dan berdengung. Usahakan Anda mengatur volume yang membuat telinga Anda aman.

Kebiasaan mendengarkan dengan volume terlalu keras juga bisa menyebabkan gendang telinga pecah. Terlebih lagi earphone dimasukkan ke dalam lubang telinga dan suaranya akan lebih keras dan langsung ke gendang telinga. Saat Anda mendengarkan lagu sesuaikan volumenya dan Anda bisa unduh lebih banyak lagu di Metrolagu.  

  • Membersihkan Earphone Secara Berkala

Pastikan juga Anda membersihkan earphone secara berkala supaya tetap bersih. Penggunaan earphone terlalu lama di telinga bisa menyebabkan kerusakan pada earphone karena terkena kotoran. Tentu saja di bagian lubang telinga Anda banyak kotoran yang dapat menempel ke earphone.

Pastikan Anda selalu membersihkan earphone sebelum digunakan supaya suaranya jernih. Dikhawatirkan juga penggunaan earphone justru membawa kotoran ke dalam telinga dan akan menyebabkan telinga Anda menjadi sakit Bersihkan earphone dengan benar menggunakan tisu kering dan jangan sampai earphone kemasukan air karena bisa rusak.

  • Biasakan Jangan Pinjam Earphone Orang Lain

Biasakan jangan meminjam earphone orang lain untuk Anda gunakan dan begitu sebaliknya. Kebiasaan seperti ini bisa berdampak buruk karena bisa meningkatkan bakteri. Sebaiknya Anda memakai earphone milik sendiri dan jangan meminjamkan kepada orang lain.

Apabila Anda tidak memiliki pilihan lain dan harus meminjam atau meminjamkan earphone pastikan untuk membersihkan terlebih dahulu. Cara ini bisa Anda lakukan untuk memastikan earphone dalam keadaan bersih sehingga tidak meningkatkan pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan telinga sakit.

  • Istirahatlah Setelah Pemakaian Selama 1,5 Jam

Usahakan istirahat setelah pemakaian earphone selama 1,5 jam. Jangan membiasakan menggunakan earphone dalam waktu yang lama dan tidak memberikan kesempatan untuk istirahat. Menggunakan earphone terlalu lama bisa menyebabkan telinga terasa sakit dan panas.

Selain itu, earphone juga akan mudah rusak apabila sering dipergunakan. Istirahatkan earphone apabila sudah dipakai selama 1,5 jam dan untuk jenis earphone tertentu yang perlu di cas Anda perlu cas supaya bisa digunakan lagi.

  • Hindari Memasukkan Earphone Terlalu Dalam

Hindarilah memasukkan earphone terlalu dalam ke bagian telinga. Terlebih lagi Anda mengatur volume cukup keras sehingga dapat merusak telinga. Biasanya earphone sudah didesain sedemikian rupa supaya nyaman saat dipakai di telinga.

Penggunaan earphone yang terlalu dalam atau posisinya tidak pas akan menyebabkan telinga sakit. Sebaiknya Anda tidak terlalu memasukkan earphone terlalu dalam untuk mencegah earphone masuk ke dalam bagian telinga Anda.

  • Perhatikan Penggunaan Earphone

Terakhir, perhatikan penggunaan earphone dengan baik dan benar supaya Anda bisa mendengarkan suara melalui earphone dengan jelas. Biasanya earphone sudah didesain untuk telinga kanan dan kiri sehingga tidak bisa dipakai secara sembarangan supaya tidak terasa sakit atau kurang nyaman.

Biasanya di setiap earphone ada informasi pemakaiannya, seperti R untuk bagian kanan dan L untuk bagian kiri. Posisikan earphone dengan baik dan benar agar lebih nyaman dan suara yang dihasilkan dari earphone cukup jelas.

Demikian cara penggunaan earphone agar tidak menyebabkan telinga sakit dan bagi Anda yang mau lebih banyak lagu bisa download melalui Metrolagu.