9 Kriteria Rumah yang Baik untuk dihuni

Rumah adalah tempat berteduh dan berkumpul dengan semua anggota keluarga yang kita cintai. Selain itu banyak pengalaman dan hal hal yang dilalui dalam ruang bernama rumah yang kadang susah dilupakan. Sebuah penelitian mengatakan bahwa rumah membuat yang menghuninya jauh lebih bahagia di banding sekedar mempunyai rumah itu.

Kriteria Rumah yang Baik untuk Layak Huni

Banyaknya model design yang banyak diterapkan dirumah akhir-akhir ini membuatnya semakin beragam dan tentu saja semakin indah, salah satunya adalah interior design Jakarta yang tentu saja sangat di rekomendasikan. Namun ada beberapa kriteria rumah yang baik yang tidak bisa Anda lewatkan ketika ingin mendesign rumah Anda adalah:

  1. Rumah yang mengingatkan masa lalu

Seharusnya rumah tidak meninggalkan sejarahnya. Kenangan di masa lalu biasanya akan membuat seseorang terhubung ke masa depannya. Rumah yang baik seharusnya tidak meninggalkan sejarah yang bisa menghantarkan penghuninya dari masa lalu ke masa yang akan datang.

  1. Lingkungan baik di sekitar rumah

Lingkungan di sekitar rumah juga perlu di perhatikan baik dan buruknya. Manusia adalah makhluk sosial yang tak akan pernah bisa hidup sendiri, sehingga membutuhkan lingkungan di sekitarnya. Dalam membangun rumah pun pasti akan berdiri di sekitarnya lingkungan, berupa tetangga dan juga alam, hal ini perlu diperhatikan.

  1. Bersatu dengan alam

Jika Anda ingin membangun rumah maka sekali lagi untuk memperhatikan lingkungan berupa alam, bukan hanya sosialnya. Alam yang baik akan membuat penghuninya juga merasa lebih nyaman, selain itu dengan alamiahnya akan terdesign sendiri gambaran rumah yang biasanya akan mengikuti keadaan alam sekitar. Tanpa disadari dalam proses pencarian lingkungan alam yang indah ini, Anda telah menjadi arsitek di awal.

  1. Rumah harus mendapat cahaya

Rumah yang baik harusnya bukan hanya aman secara dinding dan atap, namun juga membuat penghuninya mempunyai pengalaman yang menakjubkan dengan dinding dan atapnya. Sebaiknya ada bagian atap yang memungkinkan penghuni bisa menikmati keindahan langit dan alam diatasnya, hal ini akan berefek pada kesehatan mental yang baik.

  1. Rumah yang nyata dan juga otentik.

Kenangan dan pengalaman mengenai rumah baiknya harus nyata dan tidak boleh terlalu susah dan mahal dalam proses merawatnya. Hal ini karena akan membuat jenuh dari si penghuni jika ada kerusakan untuk terus memperbaikinya. Jadi sebaiknya buatlah bahan bahan rumah dengan kualitas yang tahan lama.

  1. Rumah untuk segala usia

Rumah yang baik seharusnya bisa untuk menyambut segala usia. Terutama dari usia yang paling bawah yaitu bayi hingga nenek kakek bisa merasakan kenyamanannya. Ruang di rumah sebaiknya bisa mengakomodasi semua yang dibutuhkan penghuninya. Biasanya seperti interior design Jakarta, semua yang ada di dalam ruangan rumah harusnya bisa dipikirkan untuk kenyamanan anggota keluarga. Mulai dari ketinggian kloset, tekstur lantai , ketajaman rak dan lain-lain. Rumah yang baik seharusnya tidak hanya mengandalkan keindahan interior dan eksteriornya, namun juga detail yang tak kasat mata.

  1. Rumah yang dapat menampilkan perubahan waktu.

Rumah yang baik harusnya bisa menampilkan kepada penghuninya waktu yang sedang ada, atau juga musim. Hal ini bisa diketahui dari sinar matahari, suhu dan kelembaban yang bisa dirasakan di dalam rumah. Kehangatan dari sinar matahari bisa dirasakan oleh semua anggota keluarga di saat pagi dan sore.

  1. Rumah dengan ukuran yang pas

Rumah yang baik harus memperhatikan ukuran juga, tidak terlalu besar dan juga kecil. Semua ruangan dalam rumah harusnya bisa diperhatikan sebagaimana fungsinya. Sehingga, tidak ada design rumah yang sia-sia.

  1. Rumah yang memiliki tekstur

Sebuah rumah yang baik harusnya mempunyai tekstur yang kaya. Cara yang paling baik untuk pengalaman yang baik juga biasanya melalui tekstur. Biasanya dari pancaran atau kilauanĀ  hingga kehangatan dari kayunya bisa dirasakan oleh penghuninya. Semua yang ada secara detail bisa memberikan kesan ketika menyentuh ataupun melihatnya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dijadikan saran untuk mendesign rumah Anda di masa depan. Beberapa tips diatas dikaitkan dengan interior design Jakarta yang banyak digunakan oleh arsitek ternama. Dalam mendesign rumah baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal diatas agar bisa dirasakan kenyamanannya untuk semua penghuninya.