9 Macam Sambel Tradisional: Pengalaman Kuliner Mengesankan

Untuk urusan kuliner, Indonesia menjadi salah satu negara dengan cita rasa masakan dengan berbagai macam dan jenis kuliner tradisional yang mampu menggugah selera. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang menyukai rasa pedas, mau seenak dan selezat apa pun jenis masakan yang dihidangkan, akan tetap terasa kurang jika tidak didampingi dengan sambal.

Berbicara mengenai sambel, hingga detik ini terdapat banyak sekali macam dan jenis sambel lokal atau tradisional yang berasal dari berbagai dari di seluruh penjuru Indonesia. Artikel yang satu ini akan mencoba untuk membedah berbagai macam sambel lokal dan tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang mungkin saja belum pernah Anda coba sebelumnya.

9 Macam Sambel Tradisional yang Sangat Digemari di Indonesia

Seperti yang sebelumnya sudah diutarakan, sambel menjadi salah satu hidangan pelengkap yang dianggap mampu memberikan cita rasa pedas dan menambahkan rasa lezat pada makanan yang Anda santap. Berikut di bawah ini beberapa macam sambel lokal dan tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia yang perlu Anda ketahui.

1. Sambel Bawang

Jika Anda ingin menikmati sajian sambel dengan rasa pedas yang menyegarkan, sambel bawang bisa menjadi opsi sajian pelengkap makanan yang sedang Anda nikmati. Untuk membuat sambel yang satu ini, bahan-bahan yang diperlukan pun cukup mudah, mulai dari cabai merah, bawang merah dan garam. Jika Anda ingin memberikan sedikit rasa asam pada sambel bawang, Anda bisa menambahkan sedikit air jeruk nipis pada sambel tersebut.

2. Sambel Matah

Yang berikutnya ada jenis sambel yang cukup terkenal apabila Anda tinggal atau pernah singgah di Pulau Dewata, Bali. Sambel Matah merupakan salah satu jenis sambel lokal dan tradisional asli Bali yang memiliki rasa yang cukup unik. Sambel Matah sendiri cocok dikonsumsi bersama ikan atau ayam bakar dengan kombinasi cabai rawit, bawang putih, bawang merah, serai, tomat dan perasan jeruk nipis yang tepat.

3. Sambel Ikan Teri

Jika Anda menyukai ikan teri, akan sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba sambel ikan teri. Sesuai dengan namanya, sambel yang satu ini memadukan sensasi pedas dari cabai dengan gurih dan asin dari ikan teri. Cara membuatnya pun sederhana, ikan teri yang telah digoreng dihaluskan bersama dengan cabai merah, bawang merah bawang putih, garam, gula beserta beberapa bahan pelengkap lainnya.

4. Sambel Mangga Muda

Gabungan sensasi pedas dan segar juga dapat Anda temukan melalui sambel mangga muda. Sambel yang memiliki bahan utama cabai dan juga irisan mangga mudah ini, menawarkan berbagai macam rasa mulai dari pedas, asam, manis dan tentunya menyegarkan. Sambel mangga muda sendiri sangat cocok bagi Anda yang menyukai makanan seperti ayam maupun ikan baik dengan penyajian digoreng ataupun dibakar.

5. Sambel Terasi

Bisa dikatakan jika sambel terasi merupakan salah satu jenis sambel yang paling terkenal dan tersedia di hampir sebagian besar rumah makan yang tersedia di Indonesia. Sambel yang dipadukan dengan terasi, fermentasi dari udang rebon, yang memiliki aroma dan cita rasa unik sangat cocok disandingkan dengan ikan lele goreng hingga ayam goreng maupun bakar.

6. Sambel Roa

Sulawesi juga memiliki sambel khas yang sulit untuk Anda lewatkan, yaitu sambel Roa. Sambel asli khas daerah Manado, Sulawesi Utara ini bisa menjadi salah satu alternatif sambal yang patut Anda coba. Berbahan dasar ikan roa asap, cabai merah, bawang merah dan putih, gula hingga garam, sambel ini menawarkan rasa pedas yang lain dari jenis dan macam sambel lainnya.

7. Sambel Kecap

Jika Anda penikmat aneka macam gorengan, khususnya mendoan, sambel kecap merupakan sajian pelengkap yang mungkin harus tersedia untuk menambah kenikmatan hidangan yang Anda santap. Sambel yang memiliki rasa manis, gurih dan pedas ini sangat layak sebagai bahan cocolan Anda yang gemar menikmati mendoan atau bermacam sajian gorengan yang ada.

8. Sambel Ijo

Meskipun cabai hijau memiliki rasa pedas yang relatif lebih rendah dibandingkan cabai lainnya, namun jenis cabai yang satu ini juga tepat jika Anda jadikan sambel. Sambel ijo yang memiliki bahan cabai hijau, bawang merah, bawang putih, tomat hingga penyedap rasa ini merupakan perpaduan yang pas jika Anda sedang menyantap ayam atau ikan bakar.

9. Sambel Dabu-Dabu

Terakhir ada salah satu jenis sambel yang berasal dari Indonesia bagian timur, tepatnya Maluku yaitu sambel Dabu-Dabu. Sambel Dabu-Dabu ini memiliki bahan yang umum digunakan dalam mengolah sambel pada umumnya, mulai dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan bumbu penyedap seperti gula dan garam. Jika Anda menyukai makanan laut seperti ikan bakar atau goreng, sambel ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda.

Faktor-Faktor yang Membuat Sambel Sangat Diminati oleh Masyarakat Indonesia

Minat yang sangat tinggi yang diperlihatkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia tentu dilandasi oleh berbagai macam faktor yang mendukung. Beberapa faktor-faktor yang membuat beraneka macam sambel begitu diminati dan disukai oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Bahan-bahan yang mudah diperoleh

Pada dasarnya, bahan-bahan dasar untuk membuat sambel dapat ditemukan dan diperoleh dengan mudah. Bahan-bahan pembuat sambel layaknya cabai merah, bawang merah, bawang putih dan berbagai bumbu dan bahan pelengkap lainnya dapat dengan mudah Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional terdekat dari rumah Anda.

2. Mudah dalam proses pembuatannya

Selain mudah dalam mencari dan mendapatkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambel, proses membuatnya pun terhitung cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tak hanya disitu saja, Anda bahkan bisa membuat sambel tanpa perlu menghabiskan waktu yang banyak.

3. Menambah nafsu makan

Sambel yang Anda konsumsi sebagai pendamping makanan atau hidangan utama sedikit banyak juga mampu menambah nafsu makan Anda. Sebagai informasi, rasa pedas pada sambel yang mengandung zat aktif bernama capsaicin yang menyebabkan rasa pedas pada cabai membuat rasa makanan yang Anda santap menjadi semakin nikmat.

4. Memberikan cita rasa yang berbeda pada makanan

Kehadiran sambel di setiap sajian atau hidangan yang tersedia juga dinilai mampu memberikan warna dan cita rasa tersendiri dan berbeda pada makanan atau hidangan yang tersaji. Dengan rasa pedas yang hadir melalui sambel ditambah dengan rasa gurih, manis maupun asin membuat makanan yang Anda santap semakin sempurna.

Secara tidak langsung, sambal merupakan salah satu sajian pelengkap yang wajib tersedia apa pun jenis masakan atau hidangan yang tersaji bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Apalagi banyak sekali macam dan jenis sambel yang bisa meningkatkan cita rasa masakan seperti sambel bawang, sambel ijo, sambel terasi dan beraneka macam dan jenis sambel yang lain.