Perumahan Syariah Tanpa Riba

Memiliki rumah adalah salah satu impian semua orang. Terlebih lagi memiliki rumah dengan hasil tabungan sendiri dan membayar secara tunai, akan lebih membanggakan. Jika Anda ingin membeli rumah namun tanpa riba, kini ada perumahan syariah yang akan membantu Anda mendapatkan rumah idaman tanpa harus berurusan dengan yang namanya riba.

Apa itu Perumahan Syariah?

Rumah adalah suatu kebutuhan yang memang sangat penting. Dimana tanpa rumah kita sama saja tidak memiliki tempat tinggal. Saat remaja memiliki rumah sendiri adalah salah satu cita-cita yang harus tercapai, dan pastinya saat remaja pula ingin mencicil beli rumah sendiri untuk masa depan. Namun di jaman sekarang semua harus serba hati-hati terlebih lagi untuk yang beragama muslim.

Rumah memang salah satu kebutuhan yang penting, namun sebagai umat muslim jangan sampai mengabaikan larangannya. Jika membeli rumah lebih baik menghindari yang namanya riba, karena di zaman sekarang membeli rumah melalui jalan pintas dengan berbagai macam cara, namun cara tersebut biasanya ada sistem riba.

Untuk mendapatkan rumah tanpa adanya sistem riba memang cukup susah di jaman sekarang, namun kini ada perumahan syariah yang akan membantu menyelesaikan masalah tersebut. Perumahan dengan sistem syariah artinya adalah membeli rumah tanpa adanya sistem riba. Sehingga sistem ini tidak melanggar perintah agama.

Ciri-Ciri Perumahan Syariah

Bisa dikatakan sebagai perumahan dengan sistem syariah karena memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya yaitu :

  1. Hanya untuk Umat Islam

Perumahan dengan sistem syariah ini hanya di khususkan untuk umat muslim bukan untuk yang non muslim. Alasannya yaitu karena di perumahan ini dibangun sarana masjid untuk beribadah juga.

  1. Menggunakan Skema Syariah Murni

Arti dari skema syariah murni yaitu sesuai dengan syariat Islam atau bisa disebut dengan KPR Syariah. KPR Syariah adalah sistem dimana skema kepemilikan rumah tidak memiliki unsur yang dilarang oleh agama Islam. Seperti contohnya tidak adanya riba, tanpa adanya bunga, tanpa adanya sitaan, tanpa ada denda, tanpa pinalti, tanpa BI Checking dan juga tanpa akad batil.

  1. Dibangun dengan Adanya Tempat Ibadah

Tempat ibadah bagi umat muslim sangat penting. Karena dengan adanya tempat ibadah tersebut bisa untuk melakukan solat berjamaah, bisa untuk mengadakan pengajian,

  1. Tempat Olahraga yang Disunahkan

Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga yang disunnakan adalah bermain panahan, berkuda dan berenang. Dalam perumahan dengan sistem syariah ini, maka perumahan akan dibangun tempat olahraga yang sesuai dengan sunah tersebut. Akan dibangun tempat untuk bermain panah, untuk berkuda dan juga akan dibangun kolam renang yang sesuai dengan syariah juga.

Bagaimana Sistem Pembayaran?

Pembelian rumah dengan sistem syariah ini ada tiga sistem pembayarannya, diantaranya yaitu :

  1. Membeli rumah dengan cara bayar secara tunai melalui perorangan atau pun melalui pengembangan
  2. Membeli rumah dengan cara tunai namun menggunakan sistem bertahap.
  3. Membeli rumah dengan developer syariah

Membeli perumahan dengan menggunakan sistem syariah tidak seperti membeli perumahan yang lain. Dimana ketika membeli rumah di sebuah perumahan maka harus membayar DP yang cukup tinggi hingga 50%. Namun untuk perumahan syariah ini menggunakan DP hanya dengan uang 5 juta saja. Dengan DP segitu, maka Anda sudah bisa mendapatkan rumah Anda. Lebih untungnya lagi adalah tidak ada yang namanya riba dan jauh dari larangan agama.