Mengenal Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Seiring dengan perkembangan zaman, maraknya toko musik yang menyediakan beragam alat musik kian mudah ditemukan. Mulai dari jual gitar dan piano, hingga alat-alat musik tradisional, seperti jual rebana, angklung, dan gamelan.

Hal tersebut dikarenakan kondisi Indonesia sendiri yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Maka dari itu, Indonesia dihiasi begitu banyak suku yang masing-masing memiliki kebudayaan tersendiri, meliputi alat musik tradisional.

Indonesia memiliki sejumlah alat musik tradisional yang telah mendunia. Ya, tidak hanya dikenal dan digunakan oleh masyarakat setempat, sejumlah alat musik berikut nyatanya sangat populer, bahkan mampu menembus pasar internasional.

6 Alat Musik Tradisional Indonesia Yang Mendunia

  1. Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Permainan gamelan telah mencapai skala yang cukup besar, bahkan dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran di sekolah-sekolah nasional. Beberapa kesempatan di Amerika dan Selandia Baru juga memungkinkan sejumlah warganya mempelajari permainan gamelan secara khusus.

  1. Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Angklung diakui sebagai warisan budaya kebendaan milik Indonesia oleh UNESCO beberapa tahun lalu. Alat musik yang cara memainkannya dengan digoyang ini dapat dijumpai di berbagai kesempatan eksklusif berskala internasional. Secara khusus, terdapat suatu tempat wisata pula yang menggunakan permainan angklung sebagai ikon utamanya. Pesona tempat wisata ini sering menarik perhatian penonton luar negeri.

  1. Kendang

Kendang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Tanah Jawa. Pada dasarnya, beberapa wilayah memiliki alat musik berbentuk silinder ini. Hanya saja, penyebutannya berbeda, seperti Gendang di Yogyakarta, dan Kendang di Jawa Timur. Wujudnya yang mirip rebana membuat alat musik tradisional ini mudah diidentifikasi dan dimainkan oleh kalangan awam. Sebagai bentuk upaya mengikuti modernitas, kendang mulai diikutsertakan dalam banyak pagelaran musik tradisional hingga kontemporer.

Jika Anda sedang mencari tempat jual rebana, Anda bisa membelinya di sini.

  1. Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat musik yang sering dikenali karena bentuknya yang menyerupai gong kecil ini biasanya dimainkan dengan iringan gong yang berukuran lebih besar, serta alat musik sejenis drum. Tidak hanya bisa dijumpai di Indonesia, kolintang telah melalang buana hingga ke negeri Jiran, serta Filipina.

  1. Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Barat. Cara memainkannya adalah dengan ditiup, persis seperti suling yang berasal dari Tanah Jawa, yang juga telah dikenal luas. Saluang dicirikan dengan ukurannya yang lebih panjang dan ramping, serta hanya memiliki empat lubang yang berderet.

  1. Kecapi

Kecapi adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Barat. Konon, alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik ini banyak terpengaruh dari budaya Arab, Melayu hingga Tionghoa. Bentuk persegi yang memanjang dengan senar di bagian atasnya akan mengeluarkan bunyi sejenis Kordofon jika dipetik dan dipukul secara perlahan sesuai irama.

Tempat Jual Rebana Berkualitas

Sebagai referensi, salah satu alat musik tradisional yang sering dipergunakan di Indonesia, meskipun bukan milik sendiri, adalah rebana. Alat musik yang cukup fenomenal ini dapat ditemukan di berbagai kesempatan, khususnya kegiatan musikal dengan nuansa religi Islami.

Berkat adanya peradaban, asalnya yang dari Timur Tengah mampu menjangkau kawasan Asia Tenggara, bahkan sangat familiar di wilayah Tanah Air sekalipun. Jika Anda ingin menemukan tempat jual rebana berkualitas, pastikan Anda mendapatkannya di sini.