Selektif Pilih Jasa Kurir Murah! Kenali Ciri-Ciri Ekspedisi yang Amanah

Masa pandemi covid 19 seperti sekarang ini membuat masyarakat mau tak mau harus tetap berada di rumah saja. Alhasil hal tersebut membuat perekonomian pun terkena dampaknya. Banyak bisnis yang kini mengandalkan sistem online agar supaya tetap bisa berjalan sebagaimana biasanya. Dan bisa dilihat banyak yang melakukan kegiatan online untuk cek resi yang artinya semakin banyak  pengiriman yang dilakukan oleh masyarakat dewasa ini.

Namun semakin banyak aktivitas pengiriman ternyata semakin banyak keluhan yang muncul karena beberapa hal. Seperti akibat menumpuknya paket sehingga waktu pengantaran paket tak sesuai dengan estimasi waktu pengiriman yang dijanjikan. Padahal sudah membayar biaya kirim yang mahal. Ternyata ongkir murah tak menjamin adanya kepuasan pelanggan. Lalu bagaimana cara memilih ekspedisi yang murah namun memuaskan?

Beberapa Cara Untuk Selektif Memilih Jasa Ekspedisi Murah Layanan Memuaskan

Saat ini bisnis jasa  ekspedisi yang ada di sekitar Kita jumlahnya sangat banyak. Dari mulai yang memiliki tarif harga paling murah hingga yang paling mahal pun ada. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun Anda bisa mendapatkan layanan yang memuaskan dari ekspedisi murah sekalipun jika memilihnya dengan cermat. Berikut beberapa langkahnya.

  1. Gali info lebih banyak tentang jasa ekspedisi pengiriman

Sebelum memilih ekspedisi pengiriman yang akan Anda gunakan, sebaiknya gali info selengkapnya tentang ekspedisi pengiriman yang ada. Dari mulai tarif yang diberlakukan, jenis pengiriman yang bisa dilakukan, adakah layanan cek resi, aturan pengiriman serta klaim dari pelanggan hingga estimasi waktu pengiriman.

  1. Teliti setiap aturan, fasilitas serta testimoni asli dari pelanggan

Hampir semua jenis ekspedisi pasti memiliki aturan dan fasilitas yang diberlakukan untuk semua pelanggannya. Anda harus mempelajarinya dengan sebaik mungkin. Baca testimoni yang ada untuk melihat seberapa jauh kualitas pelayanan yang dimiliki jasa ekspedisi tersebut.

  1. Memilih ekspedisi yang cekatan dan amanah

Semua jasa ekspedisi pastinya memiliki visi dan misi yang sama yaitu memberikan pelayanan jasa antar barang dengan memuaskan pada pelanggan. Namun hal itu juga tergantung manajemen dan pengelolaannya. Jika manajemen bagus maka pastinya tak ada karyawan yang terkesan asal-asalan dalam melayani pelanggan.

  1. Kenali dengan baik isi paket yang akan dikirimkan

Gunakan pengaman ekstra, seperti packing kayu, bubble wrap, kardus tambahan hingga bantalan soft di ujung paketan yang rentan terbentur saat pengiriman dilakukan. Bungkus dengan rapi dan jangan lupa tempelkan stiker fragile atau barang mudah pecah belah sehingga kurir lebih hati-hati dalam membawa paket kiriman. Umumnya keterangan barang kiriman akan tercantum dalam resi pengiriman. Dan setiap kurir pasti akan melakukan cek resi untuk mengetahui semua keterangan terkait barang kiriman.

Beberapa Pengalaman Gunakan Jasa Kurir Murah Namun Layanan Mengecewakan

Langkah yang disebutkan di atas adalah cara untuk memilih kurir atau jasa ekspedisi murah namun dengan pelayanan yang memuaskan. Namun ada beberapa pengalaman pelanggan yang gunakan jasa ekspedisi murah yang mengecewakan. Seperti pengalaman saat paket tak kunjung datang padahal sudah sampai di daerah tujuan.

Biasanya alasan yang diberikan saat Kita mengajukan komplain adalah banyaknya paket yang harus diantar sehingga kurir kewalahan. Ada juga jasa ekspedisi yang menyediakan layanan ambil paket namun paket tak segera diambil sehingga karena harus segera dikirimkan paket harus diantar sendiri ke kantor pengiriman paket.

Ada juga pelanggan yang mengalami paket dititipkan ke rumah orang lain sehingga penerima harus mengambil paket di tempat tersebut. Alasan dari kurir alamat penerima sulit untuk ditemukan, padahal alamat penerima berada di jalur utama atau jalan besar yang sangat mudah untuk ditemukan. Yang terakhir adalah pengalaman dimana isi paket hancur padahal sudah dikemas aman dan ada deskripsi barang pecah belah.

Tentunya kejadian ini terjadi akibat proses pengiriman yang tak aman seperti barang ditumpuk dengan barang berat atau mungkin dilempar sesuka hati saat pick up. Itulah beberapa hal yang harus Anda cermati saat memilih jasa ekspedisi murah agar supaya mendapatkan layanan yang memuaskan dalam hal tarif, ketepatan waktu pengiriman hingga layanan cek resi yang selalu update.