Kenali Ciri Khas Minyak Goreng Yang Tak Layak Dikonsumsi

Minyak goreng merupakan salah satu bahan penting yang digunakan dalam kegiatan memasak. Minyak ini digunakan untuk menggoreng atau menumis bahan makanan untuk nantinya disajikan. Saat ini, telah banyak pilihan minyak goreng yang mudah diperoleh di pasaran yang digunakan untuk memasak, salah satunya yakni SunCo yang termasuk minyak goreng baik yang dapat dijumpai di pasaran. Beberapa waktu belakangan cukup banyak ditemukan berbagai penyakit yang disebabkan oleh penggunaan minyak goreng pada saat penggorengan. Maka alangkah baiknya mengetahui informasi tentang minyak goreng yang berkualitas dan sehat untuk digunakan. Apa saja itu? Ketahui informasi selengkapnya di bawah ini:

Ciri Minyak Goreng Berkualitas

  1. Memiliki warna yang cukup jernih. Minyak goreng yang berkualitas dan aman digunakan ialah yang memiliki warna kuning kecokelatan yang cerah. Minyak goreng yang berkualitas juga cenderung berwarna bening serta tidak pekat ketika dituangkan ke dalam wajan.
  2. Memiliki aroma yang segar. Minyak goreng yang memiliki kualitas yang baik serta bebas kolesterol cenderung punya aroma yang khas serta tidak tercium bau yang tidak sedap. Maka, pilihlah minyak goreng yang memiliki aroma yang segar dan bagus sebelum digunakan untuk menggoreng makanan yang akan disajikan.
  3. Memiliki kekentalan yang pas. Pakailah minyak goreng yang memiliki kekentalan yang baik, tidak terlalu encer maupun terlalu kental. Dalam hal ini, minyak goreng yang berasal dari kelapa sawit memiliki kualitas kekentalan minyak yang cukup baik.
  4. Memiliki komposisi yang murni. Sebelum membeli minyak goreng, ketahui dahulu komposisi dari minyak goreng yang umumnya terdapat di belakang kemasan. Beberapa minyak goreng memiliki kandungan tertentu yang ditambahkan ke dalam minyak tersebut. Terdapat perbedaan antara minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah, dimana biasanya produk kemasan memiliki kandungan ekstra vitamin yang ditambahkan.
  5. Memiliki titik asap yang tinggi. Bila memasak dengan minyak goreng, amatilah keadaan sekitar minyak tersebut, dimana bila minyak terlihat lebih cepat menimbulkan asap maka dapat dikategorikan minyak tersebut memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi.

Umumnya, kini telah banyak produk minyak goreng dengan ciri diatas yang dijumpai di pasaran, seperti halnya minyak goreng SunCo yang merupakan kategori minyak goreng baik dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat, karena kandungan anti oksidan yang tinggi serta rendah kolesterol, sehingga baik dipergunakan untuk menggoreng makanan.

Ciri Minyak Goreng Tak Layak Konsumsi

Sering kali ditemui minyak goreng yang memberikan rasa yang tidak enak pada makanan sebagai efek dari tidak layaknya minyak goreng untuk dikonsumsi. Hal tersebut harus dihindari untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga yang juga turut mengonsumsinya. Dan berikut, akan dijelaskan ciri minyak goreng yang tidak layak untuk dikonsumsi.

  1. Telah berubah warna. Minyak goreng yang sudah berwarna hitam menandakan minyak tersebut tak lagi boleh dikonsumsi. Bila dikonsumsi, dikhawatirkan akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan manusia.
  2. Berbau tengik. Bila minyak goreng sudah mengeluarkan bau tengik, maka minyak tersebut tidak layak lagi untuk dikonsumsi, karena telah cukup banyak dipergunakan untuk menggoreng makanan, sehingga telah terkontaminasi bau bahan makanan lain.
  3. Adanya serpihan hangus. Bila terdapat serpihan hangus berwarna hitam pada minyak goreng yang digunakan, maka hal tersebut menandakan minyak tidak lagi layak digunakan untuk menggoreng, karena serpihan tersebut dapat menjadi penyebab penyakit.

Itulah tadi sekilas informasi tentang ciri khas minyak goreng yang tak layak untuk dikonsumsi, kini telah hadir minyak goreng baik dengan nama SunCo yang sehat dan berkualitas. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.