Ketahui Perbedaan IP Camera dengan CCTV Sebelum Memasangnya

Maraknya kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini membuat banyak masyarakat yang ingin menggunakan jasa pasang CCTV untuk memasang perangkat CCTV baik di rumah maupun tempat bisnis mereka. Keberadaan kamera pengintai atau pengawas ini memang dirasa sangat membantu kinerja keamanan sehingga bisa terpantau dengan lebih baik tanpa mengandalkan tenaga manusia sepenuhnya.

Perbedaan Jenis IP Camera dan CCTV Sebelum Lakukan Pemasangan

Banyak orang yang merasa kebingungan saat datang ke layanan jasa untuk memasang CCTV kemudian ditanyakan mengenai jenis CCTV yang ingin dipasang. Ternyata ada dua jenis CCTV yang saat ini marak dipilih oleh masyarakat untuk dipasang di rumah tinggal maupun tempat bisnis mereka. Berikut ulasan singkatnya hanya untuk Anda.

  • Prinsip kerja

CCTV memiliki prinsip kerja dengan mengandalkan sinyal analog yang dipakai sebagai media transmisi data dari video perekam ke penampil utama. Pengiriman data dilakukan melalui kabel coaxial sehingga Anda tentu akan melihat ada banyak sekali sambungan kabel dan berbagai port yang terhubung dalam seperangkat CCTV dengan kabel.

Sedangkan IP Camera memiliki prinsip kerja dengan menggunakan sinyal internet. Karena pengiriman data menggunakan sinyal internet, maka untuk pemasangan jenis kamera pengintai yang satu ini jauh lebih mudah. Alat yang dipakai pun terlihat lebih simpel dan mudah untuk disembunyikan oleh Jasa pasang CCTV.

  • Kualitas gambar

Kualitas gambar yang dimiliki antara kamera CCTV dengan IP Camera berbeda jauh. Dimana kualitas gambar CCTV yang paling bagus hampir setara dengan kualitas gambar yang dimiliki IP Camera yang paling  rendah kualitasnya. Sudut pengambilan gambar yang dimiliki oleh IP Camera juga 2 kali lebih luas daripada sudut pengambilan gambar yang dilakukan oleh kamera CCTV.

  • Analisa video yang lebih akurat

IP Camera bisa menyimpan rekaman video dalam jangka waktu yang lebih lama. Bahkan rekaman video bisa diunduh kembali jika terhapus atau dihancurkan. Berbeda dengan rekaman kamera CCTV yang hanya bisa bertahan sebentar saja.

  • Perangkat pendukung

IP Camera secara langsung sudah terhubung dengan internet sehingga jika Anda ingin menghubungkannya dengan smartphone atau perangkat gadget Anda dirumah tak perlu ada perangkat tambahan.

Lain halnya dengan kamera CCTV yang menggunakan kabel coaxial sebagai penghubung. Agar supaya kamera CCTV bisa diakses dan terhubung dari jarak jauh membutuhkan keberadaan kamera dengan alat perekam (DVR) yang memiliki manfaat akses jaringan yang bisa dipasangkan oleh Jasa pasang CCTV.

Plus Minus Penggunaan Kamera CCTV dan IP Camera Untuk Keamanan

Ada beberapa plus minus penggunaan kamera CCTV dan IP kamera untuk Anda ketahui. Untuk penggunaan CCTV kelebihannya adalah biaya lebih murah dan terjangkau. Selain itu untuk kamera DVR mudah dipasang. Bandwith yang dibutuhkan lebih rendah.

Kekurangannya adalah banyak perangkat keras dan banyak kabel terutama jika kamera yang dipasang berjumlah banyak. Kualitas gambar pun kurang jelas karena biasanya memiliki hasil yang blur atau buram.

Selain itu kamera CCTV juga tidak memiliki kemampuan untuk melakukan digital zoom. Hal tersebut akan mempersulit proses identifikasi kejadian. Sudut pandang yang terbatas dari kamera CCTV  membuat pemilik harus memasang kamera dalam jumlah banyak. Dan CCTV analog lebih mudah untuk disadap karena datanya tak bisa dienkripsi.

Sedangkan untuk IP Camera, kelebihannya adalah pemasangan lebih mudah dengan perangkat yang lebih simpel. Namun Anda harus memiliki jaringan internet. Untuk bisa terhubung dengan smartphone tak perlu adanya perangkat dukungan tambahan.

Sudut pandang yang dimiliki IP Camera lebih luas sehingga tak perlu pasang banyak kamera. Data rekaman video dari IP Camera dilindungi dengan sistem enkripsi sehingga jauh lebih aman.

Namun kekurangannya adalah biayanya lebih mahal karena menggunakan jaringan internet. Apalagi jika pengguna belum menyediakan akses jaringan internet.

IP Camera juga butuh kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Itulah ulasan tentang perbedaan dari kamera CCTV dan IP Camera yang biasanya juga bisa ditanyakan langsung pada Jasa pasang CCTV.